Saturday, July 31, 2010

Pengobatan Sinusitis di Rumah

Sinusitis adalah suatu kondisi medis yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan banyak orang yang terkena. Sinusitis atau peradangan rongga sinus dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, alergi, dll Secara umum, ada dua jenis sinusitis - akut dan kronis. Sedangkan sinusitis akut berlangsung selama durasi singkat sekitar 2-4 minggu, yang kronis dapat bertahan selama lebih dari tiga bulan.Sinusitis akut adalah jauh lebih umum daripada yang kronis. Gejala-gejala dari kedua kondisi yang lebih kurang mirip, tapi sinusitis kronis dapat menyebabkan rasa mengurangi bau. Tanda-tanda dan gejala infeksi sinus termasuk hidung, sakit kepala, sakit wajah, batuk pada malam hari, pusing, sakit gigi, bau mulut, dll Karena gejala-gejala yang mengganggu, sinusitis bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan nyata. Sinusitis yang sudah terlalu parah dapat mengakibatkan pengeroposan tulang pipi gan, menimbulkan bau pada hidung dan mulut. Tapi ane cuma share pengobatan or perawatan sinusitis dirumah yang bisa agan lakukan sendiri or dengan bantuan orang dirumah.
Biasanya, seperti obat, antibiotik, semprotan nasal decongestant, dll digunakan untuk mengobati sinusitis akut. Jika kondisi ini disebabkan oleh virus, gejalanya bisa hilang dalam waktu sepuluh hari, tanpa pengolahan terlebih dahulu. Bahkan gejala sinusitis kronis dapat dikurangi dengan metode pengobatan. Namun, dalam beberapa kasus, gejala sinusitis kronis tidak dapat merespon obat dan sebagainya, prosedur operasi sinus mungkin lebih disukai. Beberapa obat sinusitis infeksi rumah juga terbukti efektif dalam memberikan bantuan dari gejala sinusitis akut.

Sinusitis akut Pengobatan di rumah
Sedangkan gejala yang disebabkan oleh sinusitis dapat membuat orang itu merasa sengsara, pengobatan infeksi sinus termasuk penggunaan antibiotik, yang dapat menyebabkan masalah, jika digunakan untuk jangka panjang. Bisa juga terjadi bahwa penggunaan antibiotik secara terus menerus mungkin akan tidak efektif. Jadi, pengobatan rumah yang terpaksa untuk meminta bantuan dari gejala sinusitis. Berikut adalah beberapa solusi yang umum digunakan rumah infeksi sinus.

• Menghirup uap ditemukan efektif dalam memberikan bantuan pada hidung yang tersumbat akibat sinus. Uap membantu dalam penipisan akumulasi lendir di rongga sinus, sehingga memudahkan dalam pengeluaran lendir. Agan bisa menggunakan vaporizer atau uap isap dari panci air panas. Bahkan mandi air panas bisa membuat agan lega.

• Minyak Eucalyptus / Minyak Kayu Puti (yang terkenal di Indonesia) adalah salah satu jalan keluar yang bagus untuk sakit kepala yang dikarenakan sinus untuk pengobatan dirumah. Agan dapat menambahkan beberapa tetes ke alat penguap yang digunakan untuk menghirup uap. Menambahkan beberapa tetes untuk bantal atau saputangan juga bisa membantu agan dengan efek menenangkan, atau bahkan bisa agan oleskan di bagian bawah hidung (biasanya TS kalo sinus kambuh begini gan :D ). Bahkan mint, peppermint, dikatakan memiliki sifat yang dapat meredakan gejala sinus. Konsumsi teh herbal mint juga salah satu solusi alami sinusitis efektif.

• Irigasi hidung juga dikatakan sangat efektif dalam mengurangi gejala sinusitis. Hal ini dapat dilakukan di rumah dengan bantuan dari neti pot. Penggunaan neti pot merupakan tradisi yoga usia tua yang berasal dari India. Hubungi ahli untuk mempelajari tentang bagaimana menggunakan neti pot dan praktekan itu di rumah. Ini akan membantu membersihkan lendir akumulasi dan pengurasan sinus. Dengan metode ini juga masalah sinusitis karena berbagai penyebab bisa diatasi.

• Beberapa teknik yoga yang diklaim sebagai yang terbaik untuk membantu meredakan sakit kepala dan semua gejala lain yang terkait dengan sinusitis. Ada berbagai teknik yoga seperti, pavanmukta asana, asana Simha, asana bhujanga, asana dhanura, dll yang bermanfaat untuk tujuan ini. Bahkan pranayama dan meditasi dapat memberikan bantuan.

• Beberapa teknik pemijatan khusus juga dapat membantu agan dalam mendapatkan bantuan dari gejala sinusitis. Salah satu metode tersebut adalah untuk menempatkan ibu jari dan jari tengah di kedua sisi jembatan hidung dan lembut memindahkan mereka ke bawah, sampai mencapai sisi-sisi bibir. Agan harus sedikit memberikan tekanan, saat melakukan hal ini. Ulangi ini beberapa kali dan agan akan terbebas dari beberapa gejala infeksi sinus.

Singkatnya, sinusitis dengan pengobatan rumah seperti yang ane jelaskan diatas dapat sangat membantu dalam mengurangi beberapa gejala yang paling bermasalah dari penyakit ini. Agan juga harus beristirahat; minum air hangat seperti, teh herbal. Kompres dengan air hangat juga bisa agan lakukan pada saat sakit kepala akibat sinusitis. Jika agan ingin ber-yoga, agan harus terlebih dahulu mempelajari teknik-teknik dari ahli dan kemudian mencobanya di rumah, tapi kalo agan dah bisa yoga ya seenggaknya atur napas meditasi2 ringan gtu boleh gan, ditempat yang sejuk jangan yang banyak debu. Secara umum, diet seimbang dengan banyak cairan, buah-buahan dan sayuran yang baik untuk mengendalikan kondisi. Olah raga yang sesuai dan hindari konsumsi makanan pedas dan berlemak. Dengan perawatan yang tepat, sinusitis dapat dikontrol sampai batas tertentu.

1 komentar:

youree said...

biss di perjelas lagi utk pengobotannya.
dan neti pot itu bisa dibeli dimana???
terima kasih gan.

Post a Comment